takutPERNAH merasa takut?  Pastinya benar. Apalagi jika rasa takut itu sudah menguasai diri begitu dalam dan berlebihan, rasanya ingin melepaskan rasa takut itu. Namun, bingung bagaimana caranya. Sebenarnya ketakutan merupakan suatu yang wajar bagi manusia. Namun semua rasa takut yang ada dihadapan Anda sebenarnya bisa diatasi. Kuncinya hanya satu, ada kemauan. Oleh karena itu jika kemauan untuk melawan rasa takut itu sudah besar maka segala ketakutan yang ada dihadapan Anda bisa diatasi sehingga Anda bebas untuk beraktivitas.

Saya mencoba mempelajari arti kata Takut. Takut dalam ensiklopedia diartikan sebagai  suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaankesedihan, dan kemarahan.

Ketakutan harus dibedakan dari kondisi emosi lain, yaitu kegelisahan, yang umumnya terjadi tanpa adanya ancaman eksternal. Ketakutan juga terkait dengan suatu perilaku spesifik untuk melarikan diri dan menghindar, sedangkan kegelisahan adalah hasil dari persepsi ancaman yang tak dapat dikendalikan atau dihindarkan.

Perlu dicatat bahwa ketakutan selalu terkait dengan peristiwa pada masa datang, seperti memburuknya suatu kondisi, atau terus terjadinya suatu keadaan yang tidak dapat diterima. Dalam sebuah artikel numerologi, sifat takut adalah dasar. Orang yang bernomor dengan inisial B, K, T memiliki sifat dasar takut dan cenderung khawatir atau cemas terhadap segala hal . Di lain pihak orang dengan sifat dasar 2 ( takut , khawatir, cemas ) tidak menyukai perubahan dan rasa takutnya bisa merusak keadaan yang telah ada .

Bahaya kekhawatiran adalah pandangan terhadap keadaan dan persepsi yang tidak ia sukai harus ia ikuti. Di lain pihak, sudah tidak ada kemampuan karena usia dan kelemahan kecuali dengan dukungan dan bantuan orang lain dan pihak lain. Rasa takut harus diatasi dengan menjalin dukungan dan hubungan, diplomasi dengan pihak pihak yang dipercaya dan dibutuhkan. Membangun sebuah struktur kemampuan dan manajemen antisipasi juga membangun sebuah struktur perisai.

 Sebenarnya apa sih yang menimbulkan rasa takut? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Takut Kehilangan Cinta. 

imagesKetika pasangan sudah mulai merasa cemburu dalam suatu hubungan kekasih atau ketika masing-masing pasangan mulai mencari kesalahan sehingga ada yang merasa sakit hati maka hal tersebut bisa menyebabkan pasangan Anda akan beralih ke orang lain.

Kurangnya kepercayaan antara Anda dan kekasih adalah dasar alasan Anda takut kehilangan dia. Sebenarnya ketidakpercayaan karena merasa takut kehilangan. Berbohong adalah faktor penting yang menyebabkan rasa takut akan kehilangan cinta.

Untuk mengatasi hal tersebut adalah membangun kepercayaan. Anda harus tegas dan menghindari berprasangka buruk terhadap kekasih. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut kehilangan kekasih adalah mencegah masuknya pikiran non logis masuk dalam wilayah logis. Cobalah Anda selalu berpikiran positif tentang kekasih maka semua rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya.

Claustrophobia. 

Claustrophobia_R-libraryClaustrophobia adalah takut terhadap ruang tertutup. Perasaan takut ini dipicu oleh keadaan tertentu ketika terperangkap di ruang yang terbatas. Anak yang terperangkap dalam ruang yang terbatas dan tertutup dapat menyebabkan perkembangan claustrophobia.  Misal, terjebak di lift dapat membuat satu efek terhadap claustrophobia.

Berdasarkan riset claustrophobia terjadi karena pengalaman buruk yang membuat selalu gelisah di dalam ruang tertutup. Pikiran dalam ruang tertutup itu kemudian dikaitkan dengan ketakutan sehingga menyebabkan badan bisa menggigil, bergetar atau pingsan.

Untuk mengatasinya yang pertama adalah harus dipisahkan perasaan takut dengan ruang tertutup. Selain itu bisa dengan hypnotherapy, non-linguistik dan obat-obatan dalam perawatan untuk penderita terhadap ruang tertutup. Melihat banjir adalah salah satu cara untuk mengatasi ketakutan terhadap ruang tertutup.

Takut kegelapan

gelapDikenal sebagai Achluophobia atau Nyctophobia, yakni takut terhadap kegelapan. Gejala penderitanya adalah bernapas cepat, denyut jantung tak beraturan, berkeringat dan mual. Takut ini sangat berdampak pada kualitas hidup seseorang. Seperti ketakutan pada yang lain, takut akan kegelapan adalah mekanisme perlindungan dari pikiran bawah sadar.

Untuk penyembuhannya memerlukan waktu yang cukup panjang  dan melibatkan terpapar kegelapan. Tapi saat ini ada satu penemuan berupa obat yang dapat membantu dan menghapus akan perasaan takut terhadap kegelapan. Yang yang pasti untuk mengatasi perasaan takut terhadap kegelapan ini adalah dari diri pribadi Anda.

Demophobia

253x253-images-stories-2011-Januari-Spiritual_n_Psikologi-Mengatasi_Rasa_Takut-PenculikanDLMDemophobia adalah takut terhadap suatu kelompok. Hal ini ditandai dengan gejala seperti sesak nafas, pusing, berkeringat, gelisah dan ketidakmampuan untuk berpikir dan berbicara. Sebagian besar penderita akan mengalami panik adanya pemikiran adanya pembaruan satu kelompok.

Ketika kelompok masyarakat muncul sebagai kelompok berbahaya, jelas ada reaksi dari kedua penderita. Tidak itu saja, demophobia juga sangat takut terhadap keramaian. Terapi untuk mengatasinya adalah dengan terapi energi. Terapi energi merupakan cabang baru dalam psikologi yang berkaitan dengan sistem energi tubuh.

Berdasarkan penelitian bahwa beberapa emosi negatif berhubungan dengan sistem energi tubuh. Oleh karena itu untuk mengatasinya dengan energi sehingga bisa melawan perasaan takut itu sendiri.

Takut dikritik

251x254-images-stories-2011-Januari-Spiritual_n_Psikologi-Mengatasi_Rasa_Takut-fearKritik adalah salah satu dasar manusia untuk bisa melangkah lebih maju lagi. Tapi pada kenyataannya justru banyak orang yang takut terhadap kritikan itu sendiri. Takut akan kritik merupakan salah satu dasar ketakutan dan salah satu yang paling sering dialami setiap orang. Takut dari kritikan diwujudkan dengan menghindari percakapan, pergeseran dari mata dan rendah diri.

Cara yang terbaik untuk mengatasinya adalah harus belajar untuk mengambil kritikan secara positif dan menggunakannya untuk meningkatkan kepribadian Anda. Mempertimbangkan kritik sebagai sarana yang lebih baik dan bekerja dengan yakin. Sikap yakin ini adalah untuk membantu Anda untuk menyingkirkan takut terhadap kritikan.

Takut mati. 

kuburan-130722bTakut mati dikenal sebagai Thantophobia. Ada teori agama yang menceritakan tentang kehidupan setelah kematian dan apa yang terjadi setelah meninggal dunia. Kematian tetap menjadi kenyataan dan waktunya tidak menentu.

Oleh karena itu takut akan kematian adalah satu cara untuk mencegah agar kita selalu sehat dan menjaga kesehatan. Mengubah pola pikir dengan berperilaku membantu orang lain akan  menghilangkan perasaan terhadap takut kematian. Thantophobia juga dapat disembuhkan oleh Hypnotherapy.

Ada beberapa tips untuk melawan rasa takut dalam diri kita yaitu :

Jangan pernah bertindak dan membuat keputusan tanpa mengetahui kehendak Tuhan. Saat Anda di kejar rasa takut, maka serahkanlah ketakutan anda pada Tuhan, karena Hanya Dia yang mampu mengubah rasa takut anda menjadi sebuah keberanian. Carilah dahulu kehendakNya maka anda akan dituntun untuk melawan rasa takut anda. Tuhan adalah jawaban atas semua masalah di dalam hidupmu.

Jangan menyendiri, tetapi mencari dukungan dan penghiburan dari saudara seiman. komunitas yang baik adalah kekuatan kita dalam mengatasi semua ketakutan yang ada. Dukungan dari komunitas dan orang-orang yang kita sayangi akan membuat kita jauh lebih kuat dari apa yang pernah kita pikirkan dalam melawan ketakutan.

Jangan kehilangan perspetif. Rasa takut akan selalu membuat kita berpikir negatif karena itu lawan hal itu dengan pemikiran yang positif. karena apa yang kamu pikirkan itu yang akan terjadi, jika kamu hanya memikirkan hal yang baik didalam hidupmu maka hal baik pula yang akan terjadi didalam hidupmu.

Merangkul tantangan “Jangan biarkan rasa takut mengalahkan anda. Pandanglah ketakutan sebagai lawan dan buatlah situasi yang kompetitif. Bagaimana untuk bereaksi terhadap rasa takut, sepenuhnya jadi tanggung jawab anda. Gunakan hal itu sebagai kesempatan untuk berbicara pada diri anda secara positif. Setiap kali anda merasa takut, ingatkanlah diri anda bahwa anda mampu melakukannya. Mungkin anada bisa mencoba gunakan kata kata seperti “saya tenang,” “saya bisa”, “saya kuat,” “saya mampu hadapi tantangan ke depan “. Catatlah bahwa rasa takut akan hilang.

Rasakan Adrenalin Ketika anda merasa takut, yang kita rasakan adalah adrenalin itu meronta di tubuh. Ini merupakan respons tubuh yang mencoba “bangkit” melawan situasi yang kita takuti itu. Dengan adrenalin di sistem tubuh anda, anda akan menjadi lebih kuat dan pandai dari yang anda kira. Jangan biarkan rasa takut menjauhinya. Jika anda dapat mengontrolnya dengan melakukan sebuah teknik bernafas sederhana yang anda bisa lakukan, anda akan mendapati seluruh dunia berada dalam genggaman.

Rasa takut setara dengan energi, jadi kreatiflah Coba ingat bahwa rasa takut itu merupakan sebuah perasaan. Dan perasaan merupakan sebuah energi di dalam tubuh yang bisa diubah. Cobalah untuk menghubungkan sesuatu yang positif seperti tugas yang harus diselesaikan, atau sebuah proyek baru yang harus dimulai. Dengan melakukan itu, anda membuat keputusan mengenai bagaimana anda ingin menggunakan energi itu dan akan sangat mudah beralih terhadap sesuatu yang menakutkan ke dalam sesuatu yang luar biasa.

Kenali diri Anda “Apa yang membuat anda takut? Jika anda merasa takut, gunakan hal itu sebagai sebuah pengecualian untuk mengenali diri anda menjadi lebih baik. Tanya diri anda, apa yang membuat anda takut. Tanya diri anda, darimana rasa takut itu hadir. Duduklah dan tutup mata anda. Perhatikan di mana anda merasa takut di tubuh anda. Satu latihan yang bisa anda lakukan adalah untuk mengetahui warna dan bentuknya. Bayangkan anda mengubahnya atau menghilangkannya dari tubuh anda. Dan anda akan merasa lebih baik setelah melepaskannya.

Atasi dan jadilah lebih kuat Rasa takut tak hanya akan menghentikan anda jika anda membiarkannya. Jika anda memutuskan untuk “merasakan rasa takut, maka anda tak hanya mendapatkan sesuatu di hidup anda yang direncanakan, tetapi menyadari bahwa anda bertanggung jawab atas emosi. Sekali kita mencapai kepedulian ini, kita tak bisa berhenti. Sehingga ingatlah, rasa takut adalah teman. Genggamlah dan laluilah. Anda tak akan menyesalinya.

Cara terbaik untuk menghilangkan perasaan takut itu adalah dari diri kita. Oleh karena itu lawan semu hal yang menjadi ketakutan didalam diri kita sehingga kita bisa menikmati hidup lebih lagi. Semoga artikel ini dapat menjadi semangat buat yang membacanya amin….. Gbu all